Pasar Barongan Kali Gunting

06 Agustus 2022
Lina
Dibaca 2.717 Kali
Pasar Barongan Kali Gunting

 

Pasar Barongan Kali Gunting terletak di tepi sungai Kali Gunting Dusun Sanan Timur Desa Mojotrisno Kec. Mojoagung Kab. Jombang. Pasar Barongan ini mulai dibuka pada hari Sabtu (06/08/2022) dan nantinya akan diadakan setiap sebulan sekali di hari Minggu awal bulan mulai pukul 07.00 hingga 10.00 WIB.

Berdirinya Pasar Barongan Kali Gunting berawal dari kegiatan program penanganan lingkungan di bawah naungan Dinas Lingkungan Hidup sebagai Desa Berseri tingkat Pratama di tahun 2021. Hal tersebut yang memacu Desa bercita-cita untuk mengembangkan wilayah desa dengan berinovasi membuat program Desa Berdaya untuk membranding Sentra Batik Warna Alam yang ada di Dusun Sanan Timur.

Pengembangan wilayah kampung terus berlanjut dengan adanya kegiatan pemetaan potensi wilayah oleh mahasiswa Arsitektur dari Universitas Kristen Petra Surabaya yang menghasilkan suatu konsep bangunan SEKALA (Sentra Edukasi Batik Warna Alam) sebagai ruang terbuka publik yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah kegiatan wisata Pasar Barongan Kali Gunting dimana event Pasar Barongan Kali Gunting merupakan salah satu bentuk upaya pelestarian budaya tradisional Indonesia. Pembukaan Pasar Barongan Kali Gunting tersebut tak lepas dari peran masyarakat, penggiat lingkungan, pelaku usaha lokal, Mahasiswa serta Dosen Universitas Kristen Petra, dan Pemerintah Desa Mojotrisno.

Berbeda dengan pasar pada umumnya, Pasar Barongan yang digelar di bawah rindangnya rumpun bambu itu mengusung konsep jaman dahulu dimana penjualnya menggunakan pakaian adat yang disertai dengan alunan sinden gamelan.

Pasar Barongan Kali Gunting menjajakan berbagai kuliner tradisional baik minuman maupun makanan tanpa MSG dan bahan pengawet/pewarna buatan. Tak hanya itu, di Pasar Barongan juga menyediakan aneka kerajinan seperti kain batik, anyaman bambu, mainan tradisional, dan aneka manik-manik.

Uniknya kegiatan di Pasar Barongan Kali Gunting bebas dari plastik dan transaksi jual beli tidak menggunakan uang tunai. Untuk pembayaran aneka kuliner menggunakan kepingan bambu dengan setiap keping bambu bernilai Rp.2000. Sedangkan untuk pembayaran aneka kerajinan menggunakan nota. Untuk mendapatkan kepingan bambu dan menukarkan nota tersebut pembeli harus menukar uang di Bank Pasar Barongan yang terletak di gate/gerbang masuk pasar.