Launching Desa Berdaya SERBALAM (Sentra Batik Warna Alam)

14 Desember 2021
Lina
Dibaca 501 Kali
Launching Desa Berdaya SERBALAM (Sentra Batik Warna Alam)

Desa Berdaya adalah program pemberdayaan dalam cakupan wilayah desa melalui pendekatan terintegrasi yaitu melalui program pembinaan masyarakat. Dalam program Desa Berdaya ini, akan dilakukan pengembangan Desa Tematik (iconic) melalui economic branding. Untuk mendukung adanya program Desa Berdaya, Pemerintah Desa Mojotrisno mengusulkan program unggulan Sentra Batik Warna Alam di Dusun Sanan Timur yang menjadi iconic Desa Mojotrisno.

Pada Minggu (12/12/2021) di Dusun Sanan Timur Desa Mojotrisno, Pemerintah Desa Mojotrisno melaksanakan Launching Sentra Batik Warna Alam (SERBALAM) yang merupakan salah satu bentuk program Desa Berdaya.

Launching Sentra Batik Warna Alam di Dusun Sanan Timur ini dihadiri oleh Kepala Desa Mojotrisno, Wakil Bupati Jombang, Camat Mojoagung, Dinas Pariwisata Jombang, Bapeda Jombang, Danramil Mojoagung, Kapolsek Mojoagung, dan beberapa tokoh-tokoh lainnya.

Terdapat beberapa rangkaian acara pada Minggu (12/12/2021) di Dusun Sanan Timur tersebut, diantaranya acara Mojotrisno Creative Millenial dan Mojotrisno Market Creative yang terdiri dari kegiatan CFD, Senam irama, Lomba mewarnai, Doorprize dan Kuliner, serta acara Launching Sentra Batik Warna Alam (SERBALAM) yang terdiri dari kegiatan Mojotrisno Batik Fashion Show dan penampilan Mojoagung Gamelan Heritage.

Sentra Batik Warna Alam sendiri merupakan Batik yang menggunakan bahan bahan alami sebagai bahan pewarna agar lebih ramah lingkungan, seperti bahan dari kulit pepohonan, dedaunan, serat daun, dan bahan-bahan alami lainnya. Sentra Batik Warna Alam tidak hanya memproduksi kain batik, namun juga memproduksi baju dan sepatu dengan berbagai macam motif batik.